logo
Finnesia adalah perusahaan Financial Technologi (Fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) Lending.

Tentang Finnesia
Aturan Penggunaan
Kebijakan Privasi
Syarat & Ketentuan
FAQ
Blog Finnesia
Hubungi Kami

Kantor Pusat


Tower Grand Royal KR 27
Kebagusan City
Jakarta

Email: [email protected]
Phone: +62 (21)
 

Cara Kerja Pembiayaan

Di masa kini peluang dan penawaran investasi maupun meminjam dana sudah sangat terbuka luas, tidak hanya di lembaga keuangan konvensional, sebagai wadah pemenuhan tingginya perminataan kredit atau pinjaman. Selain pinjaman dari bank berupa fasilitas kredit seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit multiguna, saat ini terdapat pinjaman berupa pinjaman uang via internet atau online, yang disebut dengan Peer to peer (P2P) Lending, yang bisa digunakan sebagai modal bisnis.

Dalam masa dua tahun terakhir, di Indonesia diramaikan oleh banyaknya  Website Perusahaan Financial Technology (Teknologi Finansial/Fintech) yang memberikan solusi pinjaman uang. Perusahaan dimaksud berbasis peer to peer lending (Perusahaan yang mempetemukan Pemodal dan Peminjam) di dalam suatu aplikasi (Market place).

Berikut gambaran cara kerja Peminjam di website Peer to Peer Lending (atau disingkat P2P Lending).

Sedangkan cara kerja Sistem P2P lending berada sebagai orang tengah (middle man) yang menghubungkan antara orang yang mau meminjam uang (borrowers) dan orang yang menjadi pemodal (investors).

Kewajiban Perusahaan Fintech P2P

P2P perlu menyediakan website atau portal yang memfasilitasi antara orang yang mau meminjam dan investor. Selain itu website P2P perlu melakukan analisis risiko, menyusun aturan, menjalankan fungsi operasional, menyeimbangkan antara permintaan pinjaman dan pasokan modal. Sebagai haknya, website P2P lending akan mendapatkan interest rate spread (selisih bunga pinjaman dan bunga investasi) atau biaya provisi.

Cara Kerja Peminjam?

Cara kerja Peminjam adalah proses aplikasi pinjaman, yaitu sebagai berikut :

  • Peminjam disarankan melengkapi persyaratan pinjaman (– Anda merupakan Warga Negara Indonesia, ditunjukkan dengan kartu identitas yang berlaku dan sah menurut hukum, Berusia minimal 21 tahun, Memiliki sumber pendapatan tetap,Tidak memiliki hutang yang tidak terbayar, tujuan pijaman)

  • Peminjam juga melengkapi data pribadi (Kartu Keluarga/Surat Keterangan, KTP, Laporan Keuangan Dua Tahun)

  • Kemudian Peminjam membukan dan melakkukan pendaftaran secara online melalui website Finnesia atuapun email (proses akan lebih cepat jika data lengkap) dan akan memakan waktu 5 menit.

  • Setelah itu terdapat tahap penilaian sebelum persetujuan. Tim Finnesia akan melakukan penilaian kelayakan kredit berdasarkan data yang Anda berikan. Atau Finnesia memakai jasa pihak ketiga untuk melakukan cek dan analisa terhadap peminjam.

  • Pengajuan bisa saja ditolak dan diterima, jika ditolak maka Anda diminta memperbaiki segala hal yang menyebabkan penolakan tersebut. Jika lolos dalam tahap pre-approval, Finnesia akan menentukan credit scoring dan tingkat suku bunga.

  • Jika anda setuju, selanjutnya Finnesia akan menampilkan di dashboard market place

  • Pemberi Pinjaman akan konfirmasi pada market place dimaksud dan penijaman Anda akan segera cair sesuai dengan rekening bank yang Anda tunjuk.