logo
Finnesia adalah perusahaan Financial Technologi (Fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) Lending.

Tentang Finnesia
Aturan Penggunaan
Kebijakan Privasi
Syarat & Ketentuan
FAQ
Blog Finnesia
Hubungi Kami

Kantor Pusat


Tower Grand Royal KR 27
Kebagusan City
Jakarta

Email: [email protected]
Phone: +62 (21)
 

Cara Kerja Pendana

Cara kerja Pendana

Saat ini peluang serta penawaran investasi sudah sangat terbuka luas, tidak hanya inverstasi di lembaga keuangan konvensional. Dalam masa dua tahun terakhir, di Indonesia diramaikan oleh banyaknya  Website Perusahaan Financial Technology (Teknologi Finansial/Fintech) yang memberikan solusi pinjaman uang. Perusahaan dimaksud berbasis peer to peer lending (Perusahaan yang mempertemukan Pemodal dan Peminjam) di dalam suatu aplikasi (Market place).

Berikut gambaran cara kerja dan untung ruginya serta pertimbangan-pertimbangan saat investasi di website Peer to Peer Lending (atau disingkat P2P Lending). Cara kerja Sistem P2P lending berada sebagai orang tengah (middle man) yang menghubungkan antara orang yang mau meminjam uang (borrowers) dan orang yang menjadi pemodal (investors).

 

Kewajiban Perusahaan Fintech P2P

P2P perlu menyediakan website atau portal yang memfasilitasi antara orang yang mau meminjam dan investor. Selain itu website P2P perlu melakukan analisis risiko, menyusun aturan, menjalankan fungsi operasional, menyeimbangkan antara permintaan pinjaman dan pasokan modal. Sebagai haknya, website P2P lending akan mendapatkan interest rate spread (selisih bunga pinjaman dan bunga investasi) atau biaya provisi.

 

Apa kewajiban dan hak Pendana?

Pendana berkewajiban untuk memilih peminjam dan menyiapkan modal pinjaman. Sebagai gantinya, investor akan mendapatkan hak berupa pengembalian modal dan bunga.

 

Proses menjadi Pendana

Siapa pun (perorangan maupun institusional/perusahaan) bisa bergabung dengan Finnesia sebagai investor. Dengan menyerahkan informasi yang dibutuhkan melalui website Finnesia, semuanya dapat menjadi Investor. Memiliki kartu identitas (KTP) dan rekening di bank. Kemudian mendaftar melalui website, setelah mendapatkan konfirmasi maka Pendana dapat melakukan virfikasi dan menyimpan dana melalui virtual account yang telah disediakan.

Langkah selanjutnya Mempelajari investasi di platform Peer to Peer lending dan memahami risiko terkait dengan karakteristik investasi pada P2P, sehingga dapat melakukan pertimbangan dan membuat keputusan yang tepat. Terakhir adalah penentuan penempatan dana sesuai dengan Peminjam yang telah dipilih (sesuai dengan tingkat bunga dan tingkat risikonya).