logo
Finnesia adalah perusahaan Financial Technologi (Fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) Lending.

Tentang Finnesia
Aturan Penggunaan
Kebijakan Privasi
Syarat & Ketentuan
FAQ
Blog Finnesia
Hubungi Kami

Kantor Pusat


Tower Grand Royal KR 27
Kebagusan City
Jakarta

Email: [email protected]
Phone: +62 (21)
 

Peer to Peer (P2P) Lending?

Peer to Peer (P2P) Lending adalah sebuah proses meminjam dan memberikan pinjaman secara online melalui sebuah wadah yang disebut marketplace. Dengan kata lain, praktik P2P Lending mempertemukan Pendana (pemberi pinjaman) dan Peminjam secara online.

 

Online Marketplace adalah tempat bertemunya Pendana (pemberi pinjaman dana) dan peminjam untuk praktik P2P lending. Fungsinya mirip seperti online marketplace e-commerce yang mempertemukan penjual dan pembeli.

 

Fintech P2P lending merupakan sebuah perusahaan penyedia platform teknologi finansial yang mempertemukan secara digital Pendana yang membutuhkan modal usaha dengan Peminjam. Platform Fintech ini menawarkan kemudahan di mana Pendana dapat mengalokasikan dana kepada siapa saja dalam jumlah berapapun dan Peminjam mendapatkan modal atau dana dari siapa saja, dalam jumlah nilai berapa pun, secara efektif dan transparan, serta dengan imbal balik yang kompetitif.

 

Cara kerja pembiayaan melalui Peer to Peer lending dilakukan dengan cara, pihak yang membutuhkan dana menyampaikan keinginannya untuk meminjam dana dalam jumlah tertentu ke perusahaan fintech. Keinginan pinjaman dimaksud ditampilkan oleh Fintech ke dalam market place. Melalui market place ini Pendana dapat melihat, mempelajari, mempertimbangkan dan memutuskan untuk mengalokasikan dana pinjamannya kepada Peminjam.

 

Sehingga, dengan adanya layanan tersebut, para Peminjam (perorangan atau UKM) dapat mendapatkan pendanaan tanpa harus meminjam ke bank. Pinjaman peer-to-peer disebut juga pembiayaan utang. Mekanismenya, perusahaan kecil atau startup meminjam uang kepada ‘teman’ mereka lewat online platform atau marketplace dan membayar pinjaman beserta bunganya sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

 

Langkah selanjutnya adalah, perusahaan Fintech akan melakukan verifikasi identitas Peminjam sebelum melakukan pencairan pinjaman. Platform Teknologi Finansial Peer to Peer Lending menjalankan sistem pembiayaan lewat online platform dan mengatur/menyediakan investasi untuk membantu kebutuham dana pinjaman Peminjam. Keterikatan atau hubungan Peminjam dengan para Pendana tetap berjalan sampai pinjaman selesai dilunasi. Pendana akan memantau secara detail : laporan finansial, penilaian, dan berbagai informasi terkait Peminjam.

Pinjaman peer-to-peer dapat menjadi opsi terbaik ketika calon Peminjam mampu menunjukkan kegiatan bisnis di atas satu tahun. Dalam peer-to-peer lending, Pendana akan memilih dan menentukan alokasi dana kepada banyak Peminjam sebagai langkah memperkecil risiko.